Pendahuluan

Kalo kita berbicara masalah internet, ada pandangan bahwa internet itu merupakan suatu hubungan antar komputer di seluruh dunia dengan pusat pada suatu komputer tertentu. Pandangan ini kurang benar, karena sebenarnya internet merupakan sebuah kumpulan dari jaringan-jaringan besar ataupun kecil di seluruh dunia. Nah, sebagai awalan kita akan mempelajari bagian internet tersebut yaitu jaringan local.

Tujuan dari jaringan komputer adalah untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang ada dalam jaringan tersebut sehingga informasi dapat ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain. Karena suatu perusahaan memiliki keinginan/kebutuhan yang berbeda-beda maka terdapat berbagai cara jaringan terminal-terminal dapat dihubungkan. Struktur Geometric ini disebut dengan LAN Topologies.

Terdapat 6 Network Topologi, yaitu :

1. Star
2. Mesh
3. Ring
4. Bus/Daisy Chain
5. Hybrid
6. Tree

Setiap topologi memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan masing-masing juga memiliki keuntungan dan kerugian. Topologi tidak tergantung pada medianya, dan setiap topologi biasanya menggunakan media sbb :

• Twisted Pair > RJ 45
• Coaxial Cable > BNC
• Optical Cable > STP
• Wireless

Phsyical Topologi adalah bagaimana kabel digelar, sedangkan Logical Topologi adalah bagaimana jaringan (network) bekerja pada ‘phsyical wiring’. Harus diingat bahwa representasi secara logical dari suatu topologi mungkin bisa sangat berbeda dengan implementasi secara fisiknya (phsyical implementation).

Sebagai contoh semua workstation dalam satu token ring, secara logical dihubungkan secara ring. Akan tetapi secara fisik setiap station dihubungkan (attached) ke ‘central hub’, seperti sebuah star topologi.

date Rabu, 10 Februari 2010

0 komentar to “PENGENALAN LAN”

Leave a Reply:

makasih :)